Senin, 06 Agustus 2012

My Internship Program :).

Hola. Akhirnya nge-blog lagi hehehe. Cerita tentang kenapa saya mau share tentang internship program karena saya tau banyak teman-teman yang lagi industrial training atau kalo di Indo lebih famous dengan PKL. Mungkin orang mikir, ngapain aja sih emang selama internship? Ada ga si kerjaannya?. Di kampus saya, diwajibkan industrial training selama 2 bulan, boleh tetep di Malay atau Indo terserah student nya. Karena banyak hal yang saya pertimbangkan, jadilah saya milih di Indo, tepatnya Medan biar deket rumah :p. Saya magang di perusahaan telekomunikasi ternama, berwarna merah, udah bisa nebak kan? :p. Department of New Business and Sales saya ditempatkan. Awalnya dateng saya masih inget, itu tanggal 11 May 2009, 3 tahun yang lalu sudah.



First Day of Internship.

Saya dateng pagi-pagi bertemu dengan staff HRD, dan langsung bertemu dengan manager di department itu. Sedikit obrolan informal, lalu description of my job, perkenalan dengan supervisor dan staff yang lain, dan tugas pertama ( menghafal produk-produk perusahaan ini ). Oia, jam kerja saya sama dengan pegawai lainnya, jam 08.00 - 17.00 WIB. Dan saya juga punya kewajiban dari kampus untuk mengisi daily activity book dan membuat makalah selama magang. 

Second Day of Internship.

Hari kedua ini, supervisor saya mengajak saya meeting. Disini beliau berbicara tenang project baru, dan saya menjadi bagian dalam project itu. Tugasnya adalah mensosialisasikan program ini ke semua SMA di kota medan dan terus mem-follow-up perkembangan dari project ini. Awalnya sempet ngerasa ga pede ya langsung dilepas gitu aja ama SPV, modal pengetahuan, proposal dan pinter ngomong buat ngadepin kepala sekolah di kota Medan. 

The Other Days of Intership...

Hari ini dimulai... Jeng..Jeng..Jeng..
Awalnya saya disuruh pergi sendiri ke SMA di Medan, bawa kendaraan sendiri. Tapi berhubung saya ga bisa nyetir manual dan ga hafal jalanan di sini, akhirnya saya ditemenin driver kantor. Ga usah ditanya apa yang saya rasain, dag dig dug aja daritadi jantung ini, serasa mau copot. Kalo bisa balik kerumah, bagus balik kerumah aja :p. Mau tidak mau, saya sampai ke sekolah pertama. Pertama, saya minta ijin sama security, lalu bertemu dengan TU dan akhirnya sampai keruangan Headmaster. Ogh, seram :s. Pas ketemu sama headmaster, saya menjelaskan maksud kedatangan dan menyerahkan proposal untuk beliau baca. Semua berjalan lancar, mungkin kendala nya adalah saya kurang bisa menjelaskan beberapa yang beliau tanya, karena supervisor ga begitu detail menjelaskan kepada saya. Ini menjadi tugas saya untuk berdiskusi dengan supervisor lagim supaya tidak ada misunderstanding.

Kurang lebih sudah ada 10 sekolah yang saya tanganin, dan berhasil diajak kerja sama, alhamdulillah ya sesuatu :D. Paling tidak, saya belajar sesuatu hal dari tugas ini. Belajar bertemu rekan kerja, berkomunikasi dengan atasan, belajar tulis menulis surat business, dan bikin proposal kerja.

The Other Activity.

Mungkin tugas yang lainnya adalah mengunjungi outlet-outlet penjualan. Jadi saya ditugasin menemani salah satu staff dari sales dept untuk mengecek perkembangan penjualan di outlet-oultet salah satu mall di Medan. Meskipun tugasnya memantau, tetep ada sisi promosinya. Kita juga sekalian menawarkan produk terbaru + kerja sama lagi. Berat memang jadi orang sales, karena pikiran mereka adalah, bagaimana supaya produk ini cepat dengan mudah masuk ke masyarakat dan laku terjual. Di sini memang saya baru sadar, kerja dengan otak jauh lebih membuat stress dan capek ketimbang kerja dengan fisik. Otak bener2 di uji :p.

Terlepas dari 2 activiy yang berbeda itu, hari-hari lainnya saya isi dengan memasukkan data pelanggan, mengurus arsip-arsip, mengaktifkan nomer2 pelanggan dengan sistem sendiri dan hal umum laiinya.

Testimonial :
"Saya merasa sangat bersyukur dengan adanya intership program ini, karena dari sinilah saya belajar bagaimana merasakan susahnya bekerja ( saya unpaid loh selama internship ), belajar menghadapi karakter orang yang berbeda, belajar berkomunikasi dan banyak sekali. Jadi buat teman-teman yang sedang internhip atau akan internship, selamat menikmati :). Meskipun awalnya mungkin malas, tapi nanti pasti kalian akan sangat berterimakasih dengan adanya program ini". Ciao.










THE GIRLS :*
Good morning blogger

xoxo;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar