Rabu, 08 Agustus 2012

Kesel sama pendidikan jaman sekarang.

Kemaren malem, kira-kira habis buka puasa, papa mama adek dan saya berkumpul di ruang keluarga. Biasanya kami ngobrolin apa aja yang bisa dibahas bareng-bareng. Pas banget adek saya cerita tentang teman-teman nya yang kebetulan tidak lolos seleksi masuk universitas jalur manapun. Dan ujung-ujungnya nganggur atau paling buruk adalah pembelian kursi illegal. 



Jadi malem itu adek saya cerita, kalo banyak temen dia yang masuk universitas ya dengan jalur yang curang. Ada yang ngatur nilai, beli kursi, dan pake kekuasaan orang dalem. Makin banyak modus-modus kaya' gitu ya. Kasiannya sama anak yang pinter tapi ga ada biaya buat kuliah. Mau ngandelin pemerintah juga, pemerintahnya ga pantes buat diandelin. Untung kemaren ada program Bidik Misi yang katanya jujur, ya semoga memang seperti itu, jangan di olah juga jadi lahan duit.

Fakultas Kedokteran yang jadi sarang nya. Banyak orang tua berduit yang make uangnya buat masukin anaknya ke FK meskipun anaknya itu ya ga mampu. Kalo udah gini, ya tinggal diliat prosesnya aja, memang bisa masuk, tapi yakin bisa keluar apa ga.

Ini yang bisa bikin pendidikan Indo kalah jauh ama pendidikan luar. Ga salah kalo banyak anak yang pengen kuliah di luar negri yang lebih fair. Dari kehidupan kampus aja, bakal banyak pengelompokan. mana anak yang bener-bener pinter tapi ga berduit, anak yang berduit tapi pinter atau anak berduit dan juga ga pinter. Kesenjangan sosial bakal makin keliatan. Dan mental anak-anak ini harus bener-bener kuat.

Kalo saran saya, kenapa si ga balik ke program dulu aja yang ngandelin PMDK atau SPMB supaya ga memperbanyak kecurangan di bidang pendidikan dan ga mengacaukan. Jadi bisa diliat mana yang bener2 punya niat dan serius untuk kuliah dan mana yang tidak. Dan tidak ada universitas yang bermain curang seperti menjual ijazah palsu atau mengubah kurikulum.

Quote of the day,
" Kepintaran kalah dengan Duit dan Duit kalah dengan Kekuasaan".
















Good nite blogger,

xoxo ;)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar