Kamis, 30 Agustus 2012

MUDIK #4 ( SAATNYA KULINER )

Rasanya ga lengkap ya kalo pergi ke kota lain tapi ga nyicipin kuliner disana :D. Kalo saya pulang kampung, ada beberapa makanan yang sangat wajib saya cicipin, karena saya tidak akan menemukan makanan ini di tempat lain, kalaupun memang ada pasti rasanya beda banget.

1. Es Tebak


Es Tebak ini salah satu es yang ga bisa saya temuin di daerah lain ( khas Minangkabau ), makanya selama mudik, saya sama adek puas-puasin makan es ini. Kalau diliat dari bentuknya si, ga beda jauh sama es campur tapi ada rasa yang bikin itu berbeda. Es serut pake susu, tape, cendol, roti, mutiara. As simple as that. Rasanya seger banget, apalagi diminum pas sama udara SumBar yang panas. Cocok juga buat menu buka puasa :). Harganya murah lagi, bersahabat sama kantong. DIsukai semua orang, mau itu anak kecil, remaja, ibu-bapak sampai kakek nenek. Asal gigi nya kuat kena dingiinya es.

Ini pas kami mampir ke salah satu tempat langganan nenek saya, dari yang jual kakeknya sampai cucunya masi bertahan sampe sekarang. Ini adanya di kota Sawahlunto.












2. Nasi Sup dan Soto Pak Jhon

Nah, ini kuliner berat. Di warung Pak Jhon yang ada di daerah Silungkang. Tempatnya sederhana, tapi antrinya itu bikin capek. Menu favorite saya disini itu Soto Padang, dibandingin sama soto daerah lain, tetep Soto Padang fave saya :).

 


Kenapa saya suka Soto Padang ? Karena kuahnya gurih, porsinya pas, ada dendeng keringnya, kerupuk merah dan juga pas dimakan sama kerupuk jangek.




                                







3. Dendeng Batokok

Dendeng ini beda dari yang suka saya makan dirumah atau rumah makan padang biasanya. Kalo dendeng ini irisan daging sapi yang tipis-tipis di pukul batu cobek supaya menjadi lembut, kemudian diberi cabe hijau yang kasar. Biasanya dendeng ini dibakar pake arang dan cabenya dikasi minyak kelapa, jadi ada sedikit rasa kelapanya.




Selama 5 hari saya mudik, saya terpuaskan banget kuliner disini :).

Terimakasi kampung halaman.

Good nite blogger,

xoxo ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar