Selasa, 28 Agustus 2012

MUDIK #2 ( MALAM TAKBIRAN )

Tepat pukul 12 siang, kami sampai di kampung halaman. Dan saya langsung tepar dirumah, menunggu buka puasa yang masi sangat lama. Kebetulan, kebiasaan dikeluarga saya, setiap hari akhir puasa, pasti ngadain buka puasa bersama satu keluarga besar.

Oh ya, sebelumnya saya mau cerita ni tentang kampung halaman saya yang masi sangat tradisional. Berhubung terletak di kabupaten yang kecil di Kota Solok, jadi jalanan pun masi setengah hutan. Jalan yang berkelok kelok, lampu jalan yang masih kurang dan jalanan yang masi sepi dari rumah penduduk.
Seperti inilah jalannya.


Agak ngeri sih kalo  jalan malem-malem, soalnya sepi dan orang disini kalo bawa kendaraan suka ga pake aturan. Suka ngebut ga jelas, jadi kita yang harus hati-hati.

Sebelum sampai dirumah, saya mampir ke sawah + kebun coklat kakek saya. Udaranya sejuk banget di sawah ini, dan kebetulah coklat ny lagi berbuah, jadi sekalian panen :D.











Kebanyakan penduduk disini memang bermata pencaharian sebagai peladang. Mau itu karet, kopi atau yang lain, semuanya diolah. Dan hasilnya memang sangat menjanjikan, kehidupan di kampung inipun semakin maju.

Nah, setelah maen ke sawah dan panen coklat 2 kresek, kami pun akhirnya sampai dirumah :). Rumah nenek saya dsini awalnya adalah rumah gadang, cuma karena kondisinya sudah tidak begitu layak pakai, jadinya dibuatlah rumah seperti di kota2.

Ini rumah gadang nenek kakek saya.


Dulu, sewaktu masih kecil dan rumah ini masih layak pakai, ini dijadikan tempat ngumpul keluarga besar papa saya. Rumahnya besar dan terbuat dari kayu semua jadi kerasa dingin disini. Disini juga masih ada sumur, saya suka nimba sumur soalnya sekalian olah raga :p. Trus dirumah ini juga dijadiin tempat penyimpenan beras dan penggilingan padi, sampai ada alatnya juga.




















Dan, waktu berbuka puasa pun tiba. Semua keluarga berkumpul dan saatnya mempersiapkan makanan. Menunya sangat padang sekali, bercabe :D.
















Ga semua keluarga bisa aku upload disini, soalnya foto yang lengkap masih di sepupu aku. Ada anggota keluarga baru ni, namanya KAFKA, the baby boy. Welcome dear :)!!.

Tidurpun mangap dia :p



Sekitar pukul 10 malam, saya dan saudara laiinya jalan-jalan buat ngliat suasana takbiran disini. Jadi ada anak-anak dari pesantren gitu sekitar lebih dari 50 orang, berjalan sambil membawa lilin. Keren banget.





Ga kerasa ya, udah sebulan puasa dan besok lebaran. I'm too excited XD. Ga sabar buat shalat I'ed besok terus maaf-maafan dan makan makanan lebaran :p.

Good aftrenoon blogger,

xoxo ;).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar