Senin, 09 Juli 2012

Kenangan menjadi "ANAK KOST" selama SMA di Malang Part II

Blog ini tidak akan cukup menampung cerita-cerita saya selama ngekos di Malang. Mulai dari pengalaman seneng-seneng, sedih-sedih, love-life :p ( kayanya ini paling seru), dan banyak deh pokoknya. Cerita saya ini tidak mencakup hanya tentang saya+penghuni kos yang lain, tapi ada juga beberapa teman SMA saya yang akan diceritakan.

Pada awalnya menjadi anak kos, sebenernya cukup kaget. Dimana mana semua dilakukan sendiri, mungkin karena dirumah terbiasa ada yang membantu mengerjakan. Tapi mau tidak mau, ya itu resiko menjadi anak kos. Dimulai membersihkan kamar kos sendiri, menata barang-barang, mempersiapkan apa yang akan dipakai+dibawa ke sekolah, mencari makan sendiri, mengatur keuangan sendiri, yah mengurus semuanya serba sendiri tanpa bimbingan orang tua secara langsung.

Kebahagiaan pertama yang saya terima selama ngekos adalah bebas :p. Saya bisa jalan kemana aja dengan teman-teman tanpa ada batasan waktu. Bersenang senang kesana dan kemari. Dalam keadaan yang seperti "burung baru lepas dari sangkarnya", itu lah saya dulu.

BOLOS SEKOLAH

Saya "sempat" lupa, kalau tugas saya adalah menjaga kepercayaan orang tua saya untuk belajar serius meskipun mereka tidak ada disamping saya. Saya malah salah menjaga kepercayaannya. Mulai mencoba bermain-main dalam pelajaran. Tidak jarang saya dan teman-teman saya menjadikan kos sebagai base camp membolos :p. Sempat tidak enak juga sama ibu kos, tapi yasudahlah namanya remaja, sebodo amat. Keenakan bolos, juga ga dialamin saya aja kok, temen kos yang lain juga ada yang membolos, meskipun tidak sesering saya ya. Berbagai tujuan tempat saya bolos, ada yang ke warnet, gramedia, salon, tempat makan dan lainnya. Seru si hahaha, kapan lagi coba bolos selaen masa SMA :p. Kadang saya juga pura-pura sakit, padahal sebenernya lagi males masuk sekolah. Bolos bikin nagih ternyata huahuahhaha. Tapi jangan ditiru ya, sekali kali boleh tapi jangan disia-siakan masa mudamu *wink.


LOVE-LIFE

Rumah kos ini bukan sekedar rumah buat saya, tapi rumah yang menyimpan banyak cerita. Nah saya mau cerita tentang salah 1 love-life saya dulu semasa kos disini. Singkat cerita saya dekat dengan seseorang, sebut saja si A. Awalnya kita dekat ya sebagai seorang teman, dia pun sering maen ke kos saya. Sampai suatu saat dy nembak saya, dan kami pun jadian. Kos ini menjadi saksi hubungan kami yang cuma bertahan 3 bulan. Gimana senengnya kami pas baru jadian, banyak surprise yang dy kasih di kos ini, selalu ngabisin waktu bareng, bolos bareng, ngbrol-ngbrol, nyanyi+maen gitar, sering dibawain makanan, dan dia juga dekat sama penghuni kos laennya. Sampai nangis-nagis pas putus nya pun ya di kos ini. There's a lot of memories. Mungkin kalo saya lewat kos-kosan ini lagi, bisa teringat lagi sama si A hahaha :p. Yang mengalami ini  tidak cuma saya, tetapi semua penghuni kos ini juga punya love-life yang sama. Karena semua anak kos waktu itu punya someone nya, jadi jadwal ngapel di kos pun di jatah. Misalnya hari ini, si Ini sama si Itu ngapelnya di teras sebelah sini, kalo si Anu sama si Anu si teras yang sini dan yang lainnya pacarannya jalan keluar kos. Pokonya seru deh pacaran di kos ini :)).

MASUKNYA PENGHUNI BARU

Waktu berjalan, tiba-tiba ibu kos bilang HARGA KOS NAEK !!. Sangat bertepatan dengan taun ajaran baru. Arg, ini yang saya benci, huks. Tega banget dinaekin harganya ya bu :(. Sebagian dari anggota kos seperti mba Lida, Chacha dan Mita menutuskan untk pindah kos yang tidak jauh dari kos kami, sebenernya saya mau ikut pindah juga, tapi rasanya males mau angkut-angkut barang lagi, dan sudah terlanjur betah dirumah ini. setelah mereka pindah, tinggalah saya dan Tya. Untungnya tidak lama masuk 6 penghuni baru. Ya bu kos buka kamar baru, jadi penghuni kos yang masuk pun lebih banak daripada yang keluar. Ini saya kenalin ya penghuni-penghuni kos nya :D

  • Linda Aris

Cewe ini masuk ke SMA saya, menjadi junior disekolah. Dy asalnya dari Kalipare, karena perantau akhirnya dy ngekos ditempat saya. Menempati satu kamar dengan Oni, kamar yang dipakai ex-kamarnya Tya yang lama. Orangnya rame, kocak dan asli seru deh.







  • Caka Cindera

Cewe yang ini masuk SMA 4. Dy nempatin kamar yang baru dibuka bu kos. Orangnya cerewet dan latahnya bikin kita suka ngejailin dya. Caka ini satu kamar sama yang namanya Arin.












  • Cita
Kalo ini masuk SMA 3 juga, junior saya disekolah. Asalnya dari Trawas. Orangnya jago banget banget gambar, cocoklah ama kuliahnya di Arsitektur. Trus ini orangnya paling suka ngambekan ahaha :p.













  • Oni



Ini room-matenya Linda, masuk SMA 3 juga. Asalnya dari Batu, Malang. Orangnya paling malu-malu di kos selain Arin. Paling feminin deh.










  • Nimas


nimas yang sebelah ujung kanan.

Ini ni my new room-mate ;). Nimas masuk SMA 4. Sekamar sama dy, paling asik kalo udah masuk sesi curhat :)). Dy kalo cerita tentang first love nya bener-bener udah kaya' novel. ahhahha :p. Oia, nimas ini udah married loh. Tebak sama siapa marriednya? Ya, sama her first love :).








  • Arin
Ini room-mate nya Caka, dy juga masuk SMA 4. Arin ini ank kos TERAJIN. Ya rajin belajar, bersih-bersih kamar, semuanyalah . Kamarnya bersih sih sih. Anaknya juga malu-malu. hihihih. 











Ya, mereka semua penghuni baru kos. Meskipun mereka lebih muda dari saya dan Tya, tapi mereka itu adek-adek kos yang seru-seru :).



Dan inilah waktu-waktu kami selama di kos tercinta



HAPPY BIRTHDAY !!


Sudah menjadi tradisi di setiap anggota kos ulang tahun, pasti kena yang namanya "jebakan batman". Sewaktu saya yang ulang tahun, pas banget sama bulan puasa, jadi saya tidak terlalu berpikir macam-macam karena tidak ada yang mencurigakan. Setelah kami buka puasa dan teraweh seperti biasa, kami cerita-cerita di kamar saya (kondisi kos yang sekarang saya alamin bersama penghuni-penghuni baru). Yang anehnya (tapi tetep saya tidak menyadari sama sekali) ketika saya mau turun ke bawah, temen saya melarang. Ah yasudahlah, akhirnya kita lanjut cerita-cerita. Pas jam 10-an, tiba-tiba Tya marah-marah ga jelas, ya nglempar barang, teriak-teriak, otomatis kita semua panik kan. Abis dy puas marah, dy ngajak kita semua ke bawah buat maen kembang api. Dan pas tepat jam 12, mereka sukses buat saya seperti adonan kue, semua disiram. Kopi, telor, tepung, aer cucian, dan kue campur aduk di badan saya. But i was happy at that time. Meskipun tidak ada pacar saya yang menemani, tapi masi ada temen-temen yang care. Thankyou guys :).

ULAH SI MBAK PENJAGA KOS

Nah, sekarang saya mau cerita tentang 2 mbak penjaga kos. Ada satu penjaga kos kami, yang keliatannya baik, ternyata dibelakangnya telor busuk. Namanya mba Ria. Selama ini kita sangat dekat sama mba Ria, karena orangnya memang asik diajak nggosip. Trus dy juga suka direpotin sama anak-anak kos, jadi kita ga pernah sama sekali menyangka kalo mba Ria itu ternyata suka ngambilin barang-barang kita diam-diam. Arg. Jadi ceritanya , anak kos yang barangnya hilang, lalu ga berapa lama yang laen menyusul dan termasuk saya. Kita semua sama sekali ga mikir kalo itu ternyata ulah mba Ria :(. Kita semua tahu kalo dy yang ngambil, dari penjaga kos yang lainnya, mba Nurul. Waktu mba Ria lagi keluar, dy ceritain semuanya ke anak kos, karena dy udah ga tahan lagi dan kasian ngeliat kita semua. Trus kita semua diajak ke kamar mba Ria buat ngeliat buktinya.It was true. Barang-barang kita ada semua disana !!. We were shocking when we saw it. Akhirnya kita ngelapor ke ibu kos, dan akhirnya ibu kos memberhentikan mba Ria. Yah, dari situ kita semua dapat pelajaran, ga semua orang yang terlihat baik ke kita itu ya benar-benar baik, ada juga beberapa orang yang ada maksud dibalik kebaikannya itu. So, please be careful. Sama siapapun itu, sikap hati-hati harus tetep ada. Apalagi yang namanya kos-kosan.

BERPULANGNYA BAPAK KOS KAMI 


Ada juga berita duka dari kos kami, yaitu meninggalnya bapak kos. Memang sudah lama bapak sakit, saya lupa persisnya bapak sakit apa. Malam itu kami semua mendengar nangisan tante, mas yudha, mas adhit, mas wedhi dan anggota keluarga laiinya. Ya, bapak meninggal karena penyakitnya. Suasana pagi hari itu, tepat hari senin, sangat crowded. Terpaksa kami sekolahpun tidak mandi. Kami juga sedih, karena bagi kami bapak kos itu orang yang sangat baik dan akrab dengan semua anak kos. Kami pun membantu ibu kos, apa saja yang bisa kami bantu, kami lakukan. Too sad. Melihat mas yudha yang masi muda itu sudah ditinggal ayahnya, saya langsung teringat, bagaimana kalau kejadian itu menimpa saya, sedangkan saya jauh ada di Malang. Ya, kejadian ini juga langsung membuat saya merasa sangat bersyukur karena saya masih mempunyai orang tua  yang lengkap hingga sekarang.

KEPUTUSAN SAYA UNTUK PINDAH SEKOLAH 


Kali ini mungkin saya yang harus pergi dari kos ini. Saya hidup di kos ini bukan tanpa beban yang sangat berat. Dimana saya harus berantem dengan orang tua saya setiap hari di telfon, mendengar mama saya sering sakit dan biaya yang cukup besar menyekolahkan saya di Malang. Saya terus bertahan, sampai akhirnya saya buat keputusan ini dengan sangat berat hati. Saya capek harus berantem terus dan mendengar mama minta saya pindah ke kota orang tua saya tinggal. Padahal saya juga sangat amat nyaman tinggal di kos ini. Mungkin kejadian-kejadian yang saya tulis belum sempurna, masih banyak kejadian-kejadian laen yang ga mungkin saya tulis disini.

Nah di blog berikutnya, saya akan ngasi info kuliner jaman saya masi tinggal di Malang ya. Mungkin sekarang makin banyak tempat kuliner di Malang, tapi tempat langganan saya dulu, tetap jadi no 1 :p.

Good evening blogger,


xoxo;)
#30HariMenulis

4 komentar: