Jumat, 06 Juli 2012

Kenangan menjadi "ANAK KOST" selama SMA di Malang Part I

Sebagai seorang anak yang dibesarkan di keluarga yang sering berpindah-pindah mengikuti tugas orang tua aka nomaden, ada saat saya harus merasakan menjadi seorang "anak kost". Tapi awalnya saya menjadi anak kos bukannya tidak penuh pro dan kontra dengan keluarga loh. Sebenernya kenapa saya bisa menjadi anak kost adalah berhasilnya saya menjawab tantangan yang diberikan orang tua. Intinya, sewaktu SMP, papa saya dipindah tugas ke palembang, mama dan adek saya setuju untuk pindah, tapi tidak dengan saya. Saya terlalu menyukai kota ini (bukan berarti saya tidak menyayangi keluarga saya ya), sampai saya berat untuk meninggalkan kota Malang. Terus berdebat dengan orang tua, sampai akhirnya mereka memperbolehkan saya untuk tetap tinggal di Malang dengan satu syarat : Bisa masuk SMA 3 Malang. Dan saya berhasil :).

Akhirnya saya resmi menjadi anak kost. Kost saya ada di deket SMA 3, Jl. Pajajaran no 4, tapi sayang banget saya ga ada fotonya. Di kos itu ada 6 orang tapi selalu berganti-ganti penghuninya. Ni aku kasi tau ya penghuni2nya kos pajajaran no 4 :).

  • Mbak Lili ini yang paling tua diantara penghuni kos yang lainnya, asalnya dari Jombang. Sekolahnya di SMA 4 jurusan bahasa. Bahasa Inggris dan Jepang ga usah diragukan lagi, super pinter. Orangnya kecil, rambutnya panjang, aga cadel :p, dan lucu. Kemaren dy kuliah di Malaysia juga dan sekarang udah kerja di jakarta dan sudah MARRIED !!. I miss you so much mba li :*. Kalo diitung udah hampir 7th ga ketemu sama mba lili.





  • Mba Lida ini akrab banget-banget-banget ama aku, soalnya paling enak buat dijailin hihihihi. Mba ini asalnya dari Samarinda, Kalimantan, jadi dia juga seorang perantau seperti yang lainnya. Satu sekolah sama saya, SMA 3 jurusan IPS. Saya masih inget banget sewaktu dy super duper stress pas masuk IPS, ya sebagai temen yang selalu bersama setiap harinya saya dan temen-temen lainnya cuma bisa menyupport kalo dunia gakan hancur cuma gara-gara masuk IPS aja. Nah saya juga udah lama ga ketemu sama mba ini, sekitar 6th. Dan saya denger juga dy sudah married and have a children. Aw aw aw. I hope we can meet soon mba, pengen ketemu keponakan :). Yah tapi sayang, saya ga punya foto mbak lida.


  • Tya ini sekamar sama Mitha, asalnya dari Jember. Dia sekolahnya di SMA 1 jurusan IPA. Tya ini anaknya tomboy banget, trus heboh kalo ngomong ahahaha, badannya tinggi, putih, dan sepertinya dia orang yang paling serius diantara kami ber 6 :p. Saya sama tya ini yang paling lama bareng di kos, sekitar 2th karena beberapa dari teman kami ini pindah ke kos laen nya. Saya juga sudah lama ga ketemu sama tya, sekitar 6th juga. Sekarang dy udah tunangan *blushing* ( kok jadi saya yang malu ya, ahahaha ), dan juga udah kerja di Jakarta.



  • Mitha ini teman sekelas saya sewaktu kelas 1 SMA, asalnya dari Gresik. Orangnya kecil, item manis, punya suara emas kaya' Mariah carey atau Beyonce gitu. Yang paling menyenangkan ni, kalau weekend trus orang tuanya dateng, suka dibawain nasi krawu masing-masing orang 2 bungkus. Heaven on earth banget buat anak kos dapet makanan banyak+gratis dan enak :p. Saya sempet ketemu sama mitha, pas 2 th yang lalu lah dan tidak ada yang berubah :p. Sekarang Mitha masi koas karena dy kuliah di kedokteran. Semoga sukses dan cepar jadi dokter ya mitha dan selama buat pacar barunya juga :) *wink.


  • Chacha ini juga teman sekelas saya dan mitha sewaktu kelas 1 SMA, dan chacha ini roommate saya dikos. Asalnya dari Pasuruan. Paling dekat dengan saya, karena selain teman satu kamar, kami juga teman satu permainan di kelas ;p. Kalo di kamar kegiatan kami berdua ya curhat ya menggosip, ya ngerjain tugas bareng ahahahaha. Orangnya suka keburu-buru ni chacha dan paling sering bangun telat, makanya kita jarang pergi ke sekolah bareng, karena saya berangkat selalu pagi buat ngehindari guru Tatib ( Pak Pri ). Saya juga barusan ketemu sama chacha sekitar 2th yang lalu juga, barengan ama Mitha. Dan sekarang dy masi kos juga di Jogja, dy kuliah kedokteran sama dengan Mitha. Cepat jadi dokter dan married sama Audy ya cha :*.







Sebagai sesama anak kos, hidup kami yang selalu bareng-bareng dari bangun tidur sampe tidur lagi membuat kami sudah seperti keluarga sendiri. Saling merasakan bagaimana rasanya home-sick, rasanya kanker ( kantong kering), menghadapi masalah bareng-bareng, membuat surprise kalo ada yang ulang tahun dan yang lainnya. Seperti dulu saya pernah kecopetan sewaktu lagi jalan sama Tya, ya temen-temen kos lah yang menemani saya ke kantor polisi ngurus-ngurus surat kehilangan dan laennya. Di kos ini juga melatih kemandirian kita semua, belajar bagaimana mengerjakan semuanya tanpa bantuan dari orang tua, berusaha memanage diri sendiri, dari memanage waktu, keuangan, dan tanggung jawab.

Hidup di kos juga ga jarang membuat kami saling berantem satu sama lain, mungkin karena kami terlalu dekat ya jadi berantem juga tidak terlalu lama. Karena pasti ga enak kalo hidup bersama-sama tapi tidak saling menegur. Ini juga yang bisa disebut proses mendewasakan diri, bisa mengurangin sikap egois diri sendiri demi kenyamana semua penghuni kos.

Perpisahan selalu mengharukan, termasuk di kos ini...

Sewaktu Mba Lili sudah lulus SMA dan mengajak kami dinner untuk merayakan kelulusannya sekaligus farewell party ( Oh, i really hate this part ), kita berbicara dari heart to heart. So touchy, tapi ya pertemuan pasti ada perpisahan, yang ga kan terlupakan ya kenangan selama di kos tercinta ini. 

Saya berharap sewaktu saat kami bisa berkumpul lagi dengan membawa keluarga kecil kami masing-masing hihihihi :p.

Old picture Above(Left) : Mba lida, Tya. Bottom (Left) : Mba Lili+Keyka
For all those ladies, from the deepest heart i wanna say that i miss you so much. 


Di blog ini saya hanya menceritakan sedikit tentang penghuni-penghuni di kos karena waktu saya di kos dengan mereka terlalu sebentar, nah di part II nanti saya akan menceritakan lagi tentang keadaan kos dengan penghuni baru dan kejadian-kejadian lainnya serta sedikit kuliner anak kos di Malang.


Good afternoon blogger


xoxo ;)
#30HariMenulis

1 komentar:

  1. Bisa mnta nomer telp kost2annya hehe lagi butuh kostan di jalan padjajaran nih,yg deket samma ssc di malang :)
    Thanks before

    BalasHapus