Jumat, 08 Februari 2013

As a Job Seeker Part 1.

Lulus tahun 2011 dan baru mendapatkan kerja tahun 2013 membuat saya banyak pengalaman tes kerja di berbagai perusahaan. 

TAHUN 2011

1. Bank Muamalat ( Medan)

Ini pengalaman pertama saya tes kerja sebagai back office. Saya mendapatkan info dari sms HR Bank bersangkutan untuk mengikuti Tes Tertulis. Jadi saya datang tepat waktu dan sudah ada sekitar 25 orang disana. Materi tes tertulis di bank ini yaitu tentang ilmu pengetahuan perbankan syariah. Jadi buat kalian yang akan mengikuti tes semacam ini di bank syariah, pelajari aja tentang seluk beluk bank syariah dan tentang islam :).  Hasilnya sekitar 2 minggu setelah itu, dan ternyata i failed for this test.

2. Bank CIMB Niaga (Medan)

Di Bank CIMB NIAGA saya juga test sebagai back office. Ada 3 tahapan test, yaitu tes bahasa inggris+psikotes, interview user+hrd dan medical check up. Proses nya cukup cepat, sekitar 2 minggu semua udah beres lalu tanda tangan kontrak. Tes inggris nya bukan berupa TOEFL tapi berupa reading and a bit  grammar setelah itu di lanjutkan psikotes normal. Kalau lolos, seminggu kemudian dipangil user+hrd. Saya diinterview 2 users dan 1 hr. Mereka lebih bertanya tentang dunia kuliah, organisasi, magang dan tentang pribadi. Suasanya interviewnya nyaman dan ga buat kita merasa dihakimin, jadi terkesan santai :). Saya lolos, tapi mungkin kurang sesuai di salary (2juta-2011), makanya saya lepas :D. Maklum ya as a fresh gradute saya masi ingin dan penasaran mencari kerjaan yang lebih baik.

3. Bank BCA (Medan)

Tes kali ini boleh dibilang tes yang panjang dan berat. Karena harus melalui 7 tahapan tes kalo kita selalu lulus di setiap tahapannya. Ya, saya tes sebagai BDP BCA dgn salary(4,5jt-2011) yaitu program percepatan karir BCA yang akan dipersiapkan mendudukin posisi managerial dan akan mengikuti 1 th program pendidikan di Jakarta dan akan dievalusi per tiga bulan. Oke, tes pertama adalah psikotes 1 ada deret angka, sinonim, antonim, matematika, pola gambar selama 3 jam. Lalu pengumuman dan yang lolos mengikuti psikotes 2 yaitu tes gambar orang, pohon dan warteg test. Setelah itu keluar pengumuman untuk mengikuti tahap ke 3 interview psikolog. Interview dengan pihak consulting tentang kepribadian dan pendidikan. Sekitar 2 minggu, saya dikabarin untuk tes selanjutnya FGD. Jadi kita dibentuk kelompok 6-7 orng dan diberikan suatu kasus dimana kita harus mendiskusikan itu satu grup dan mempresentasikan pendapat kita+kelompok. Setelah itu kita diberikan satu game berupa parcel yang dimaksudkan untuk menguji kekompakan kita dan cara kita untuk menyelesaian suatu permasalahan. Sayang saya gagal di FGD, pdhl saya sudah sangat berharap :(.

4. Astra International (Ottopart, AHM, PamaPersada)

Tiga kali saya mengikuti tes di group ASTRA International. Tes Pertama cukup melelahkan yaitu psikotes yang berupa tes hapalan, tes hitungan, tes logika, tes gambar, tes matematika, tes sinonim, tes pola dan tes analisis. Memakan waktu selama 5 jam tanpa henti :s. Hasil langsung diumumkan sekarang dan besok tes interview HR dan pertanyaan masih seputar dunia kuliah dan kepribadian kita. Hasil nya lumayan lama, sekitar 2 minggu baru dikabarin kalo saya lolos untuk interview user. Tapi yang menyebalkan, sampe th 2013 belum juga ada kabar untuk interview. Jadi saya anggap gagal :s.

Good afternoon blogger,

xoxo ;)

2 komentar: